RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Turunan Fungsi Aljabar
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
B. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KD |
IPK |
|
3.8
Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi. |
3.8.1
Menuliskan Sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi 3.8.2
Menuliskan langkah-langkah penyelesaian dari suatu
permasalahan turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi 3.8.3
Mengilustrasikan suatu permasalahan nyata terkait
materi turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan
definisi atau sifat-sifat turunan fungsi ke dalam bentuk matematika 3.8.4
Menjelaskan konsep turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi 3.8.5
Mengaitkan konsep turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi dari sebuah permasalahan nyata dan menuliskannya dalam bentuk
matematika 3.8.6
Menggunakan turunan fungsi aljabar dan menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual/nyata dalam kehidupan |
|
4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
turunan fungsi aljabar |
4.8.1
Menuliskan turunan fungsi aljabar dan menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata 4.8.2
Menghitung permasalahan kontekstual terkait materi
turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan
definisi atau sifat-sifat turunan fungsi. |
D. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
3.8.1.1 Siswa
dapat menuliskan bentuk-bentuk turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan
fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
3.8.2.1 Siswa
dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian dari suatu permasalahan terkait
turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan
definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
3.8.3.1 Siswa
dapat mengilustrasikan suatu permasalahan nyata terkait materi turunan fungsi
aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau
sifat-sifat turunan fungsi
3.8.4.1 Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan konsep turunan fungsi aljabar
4.8.1.1 Melalui
diskusi siswa dapat menuliskan contoh bentuk turunan fungsi aljabar
4.8.1.2 Melalui
diskusi siswa dapat menuliskan dan menjelaskan konsep turunan fungsi aljabar
dan menentukan turunan fungsi aljabar
E. Materi
Pembelajaran
PENGERTIAN LIMIT FUNGSI
LIMIT FUNGSI : Mendekati hamper,
sedikit lagi, atau harga batas
Limit Fungsi : Suatu limit f(x)
dikatakan mendekati A {f(x)àA} sebagai suatu limit.
Bila x mendekati a {xàa}
Dinotasikan ![]()
Langkah-langkah mengerjakan limit fungsi
·
Subtitusi
·
Faktorisasi
·
Mengalikan dengan bilangan sekawan
·
Membagi dengan variable pangkat tertinggi
LIMIT FUNGSI BENTUK TAK TENTU
Limit fungsi bentuk ![]()
Jika ![]()
Maka :
Limit Fungsi Bentuk ![]()
Jika diketahui limit
tak hingga
Sebagai berikut : ![]()
Maka :
1. R
= 0 jika n<m
2. R=
jika n=m
3. R
=
jika n>m
Limit Fungsi Bentuk ![]()
a. ![]()
Maka
:
1. R=
jika a>p
2. R=0
jika a=p
3. R
=
jika a<p
b. ![]()
1. R
=
jika a>p
2. R=
jika a=p
3. R
=
jika a<p
SIFAT-SIFAT
LIMIT FUNGSI
Bila
dan ![]()
Maka
1.
2. ![]()
3. ![]()
4. ![]()
5. ![]()
6. ![]()
LIMIT FUNGSI
TRIGONOMETRI
Rumus limit fungsi
trigonometri
1.
diperoleh ![]()
2.
diperoleh ![]()
Akibatnya
1. ![]()
2. ![]()
3. ![]()
4. ![]()
F. Pendekatan,
Model, Metode
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learning
Metode : Diskusi
kelompok
G. Media
Pembelajaran
Alat : Buku Paket Matematika Kelas XI Berbasis
Kurikulum 2013
Bahan : LKS
H. Kegiatan
Pembelajaran
|
No |
Keg. Pemb. |
Sintak Model Discovery Learning |
Uraian Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
|
I |
Pendahuluan |
|
1.
Guru menyapa
dan memberikan salam kepada siswa. 2.
Guru mengecek
daftar hadir siswa. 3.
Guru
menjelaskan sistem pembelajaran yang akan diadakan (sistem kerja kelompok
dengan menggunakan LKS yang telah disediakan). 4.
Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari (limit fungsi aljabar). 5.
Guru memberikan
memberitahukan manfaat mempelajari limit fungsi aljabar dalam kehidupan
nyata. 6.
Guru
menginformasikan aspek yang akan dinilai pada saat proses pembelajaran
berlangsung, meliputi penilaian pengetahuan pada saat mengisi LKS yang telah disediakan, penilaian
sikap pada saat proses pembelajaraan berlangsung, serta keterampilan siswa
pada saat memaparkan hasil kerja mereka. 7.
Apersepsi :
Guru mengingatkan kembali materi pra syarat. |
|
|
II |
Inti |
1. Persiapan 2.Menciptakan stimulus 3.Identifikasi Masalah 4. Mengumpulkan Data 5. Mengolah Data 6. Pembuktian 7.Menarik Kesimpulan |
1. Siswa mengatur tempat duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan. Pada kelas XI, siswa dibagi menjadi 7 kelompok dengan
masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang. 2. Masing-masing kelompok mendapatkan LKS berisikan
beberapa soal diantaranya siswa diminta menuliskan contoh bentuk limit fungsi
aljabar dan beberapa masalah nyata terkait limit fungsi aljabar. ·
Soal: Nilai
dari ·
Nilai dari 3. Siswa mencoba menyelesaikan permasalahan nyata yang
didapat tadi dengan menuliskannya ke dalam bentuk matematika hingga didapat
hasil akhir. 4. Beberapa kelompok belajar siswa secara bergantian
mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas dan disimak oleh kelompok
lainnya. 5. Siswa lain mengemukakan pendapat kelompok mereka.
Kegiatan diskusi terus berlangsung hingga didapat kesepakatan bersama perihal
hasil 6. Siswa bersama guru menarik kesimpulan dari
permasalahan yang telah terpecahkan. |
|
|
III |
Penutup |
|
1. Guru bersama siswa menarik kesipulan akhir dari
materi yang telah dipelajari. (Bagaimana bentuk limit fungsi aljabar,
bagaimana cara memodelkan suatu permasalahan nyata dalam bentuk matematika,
menghitung hasil akhir dari masalah tersebut dengan menggunakan model
matematika). 2. Guru memberikan tugas untuk siswa di rumah. 3. Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya. 4. Guru memberikan salam kepada siswa. |
|
I. Penilaian
Penilaian
Pengetahuan
Teknik :
Penugasan ( Kelompok ).
Bentuk :
LKS
KD :
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional)
secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan
eksistensinya.
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan limit fungsi aljabar
Indikator :Disajikan
beberapa masalah nyata terkait materi limit fungsi aljabar, dengan konsep
penyelesaian yang sama tetapi konteks yang
berbeda-beda.
Soal :
1.
Nilai
dari
adalah ….
2.
Nilai
dari
adalah ….
3.
Nilai
dari
adalah ….
Kunci Jawaban dan Skor
1.
Pembahasan
Perhatikan bahwa pangkat
diatas sama dengan pangkat bawah sehingga p = q (p dibagi q)
2.
Pembahasan
3.
Pembahasan
Penilaian
Sikap
Aspek yang dinilai :
Sikap sosial.
Waktu Penilaian : Pada
saat proses pembelajaran berlangsung.
a) Tanggung jawab.
b) Jujur.
c) Aktif.
d) Tertib
|
No |
Tangga l |
Nama Siswa |
Butir
Sikap |
Catatan
Perilaku |
P / N |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
⋮ |
|
|
|
|
|
Penilaian Keterampilan
Aspek yang dinilai : Unjuk Kerja / Praktik.
|
No |
Aspek yang dinilai |
Skor maks |
|
1 |
Persiapan · Latar Belakang (tepat = 3; kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) · Rumusan masalah (tepat = 3; kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) |
6 |
|
2 |
Pelaksanaan · Keakuratan data / Informasi
(tepat = 3; kurang tepat = 2; tidak tepat =
1) · Kelengkapan data (tepat =
3; kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) · Analisis Data (tepat = 3;
kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) Kesimpulan (tepat = 3;
kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) |
12 |
|
3 |
Pelaporan hasil · Sistematika laporan (tepat
= 3; kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) Penggunaan bahasa (tepat = 3; kurang tepat = 2; tidak tepat = 1) |
6 |
|
Skor maksimal |
24 |
|
Nilai Unjuk Kerja / Praktik = (skor perolehan : skor maksimal) x 100
J. Sumber
Belajar
1. Sembiring, Suwah dan Marsito. 2016. Matematika untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
2.
2. KEMENDIKBUD.
2014. Matematika SMA/MA, SMK/MAK Kelas X (Edisi Revisi 2014).
3.
3. Kanginan,
Maerthen. 2014. Matematika untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas Kelompok
Wajib. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Mengetahui
Kademangan,
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
NIP
: NIP
hemm terima kasih kakak
ReplyDeleteSama-sama
Delete